Monday 11 February 2008

Visa Habis

Bagaimana Jika Visa saya ternyata sudah habis?

Anda harus memperbaharui visa (visa extention). Visa belajar ("Ryuugaku" visa) harus diperbarui satu bulan sebelum masa visa habis di kantor imigrasi setempat (biasanya masa berlaku visa adalah setiap dua tahun sejak kedatangan anda selama masa studi). Untuk daerah Chiba, visa ini bisa diperpanjang di Chiba Shiyakusho (Lantai 1). Visa belajar biasanya hanya berlaku untuk per dua tahun. Dokumen-dokumen yang diperlukan:
Zairyuu Kikan Kousin Kyoka Shinseisho : formulir permohonan, yang bisa didapat di kantor imigrasi.
Zairyuu Kikan Kousin Riyuusho : surat yang menyatakan alasan perpanjangan visa yang harus ditulis dalam bahasa Jepang dan ditulis sendiri dengan format bebas. Surat ini hanya diperlukan untuk mahasiswa 'selain dengan biaya negara RI' seperti mahasiswa dengan biaya dari Monbusho, biaya sendiri (Shihi Ryuugakusei), NGO swasta, dll.
Daigaku Shoumeisho : surat yang menyatakan anda adalah pelajar dari universitas dimana anda belajar, yang bisa didapat di kantor administrasi universitas.
Gakugyou Seiseki Shoumeisho : daftar nilai yang bisa diperoleh di kantor administrasi universitas.
Hoshou Shoumeisho : surat garansi bisa mencukupi biaya hidup dan sekolah. Catatan : untuk mahasiswa yang dibiayai Monbusho bisa mendapatkannya di kantor administrasi universitas. Untuk mahasiswa yang dibiayai pemerintah RI, bisa mendapatkannya dari KBRI Tokyo melalui JIF.
Paspor
Gaikokujin Touroku Shoumeisho, yang bisa diperoleh seperti pada Membuat "Gaikokujin Touroku Shoumeisho"
Materai senilai JPY 4.000 yang bisa dibeli di kantor imigrasi.
Bila diperlukan bagi yang ingin keluar masuk Jepang selama masa berlau visa untuk mengurus Re-Entry permit, syarat yang diperlukan:

Mengisi formulir yang tersedia di kantor imigrasi setempat.
Materai senilai JPY 3.000 untuk single re-entry permit.
Materai senilai JPY 6.000 untuk multiple re-entry permit.
Setelah memperbarui visa, anda harus melaporkan diri kembali ke kantor Kuyakusho kota dimana anda tinggal dengan membawa paspor yang sudah diperpanjang visanya dan Gaikokujin Touroku Shoumeisho yang lama.

No comments: