Monday 11 February 2008

Siaga Gempa

Disini seringkali jishing (gempa) apa yang harus saya lakukan?

Tetap tenang dan waspada.

Jepang termasuk wilayah yang sangat aktif secara tektonik dan seringkali mengalami gempa. Jika ini terjadi pada daerah anda, tetap tenang, ambil nafas sejenak kemudian dalam 2 menit ambil perlengkapan darurat anda. Cobalah untuk bisa mencapai pusat pertolongan bencana (Earthquake or Disease centre). Di CUIH, pusat ini terletak di dekat Inage Park/Taman/Koeng (dapat ditempuh 5 menit dari dormitory dengan berlari ke arah utara) jika tidak memungkinkan carilah taman atau sekolah disekitar lokasi anda (usahakan berada di tempat terbuka yang jauh dari jangkauan runtuhan gedung atau pohon). Jika masih tidak memungkinkan untuk keluar ruangan, cobalah untuk berlindung dibawah meja.

Perlengkapan darurat yang perlu disiapkan (Jika daerah anda seringkali mengalami gempa maka sangat disarankan untuk mempersiapkannya sejak awal dalam satu ransel. Simpan pada tempat yang bisa segera dijangkau baik di rumah ataupun laboratorium anda):

Air Bersih
Sistem jaringan air bersih seringkali terputus pada saat gempa, pastikan anda menyiapkan dalam bentuk botolan plastik (disarankan sekitar 30 liter untuk satu orang), pastikan bahwa botol air anda selalu dalam keadaan penuh
Kantong Plastik
Untuk membawa barang-barang anda, plastik sampah (gomi) yang mudah diperoleh di sekitar Jepang ini sangatlah bermanfaat. (disarankan memiliki 20 plastik cadangan ini perorang)
Kertas Tissu Gulungan secukupnya
Sabun
Spidol Tahan Air (water proof) atau spidol yang bercahaya dalam gelap (magic marker)
Digunakan untuk memberi kabar pada bekas rumah anda misalnya 'kami selamat, saat ini kami ada di ... no telp yang dapat dihubungi ...
Makanan & Vitamin
Makanan yang sifatnya instant, tahan lama dan dapat dimakan langsung seperti mi instant, coklat, biskuit, vitamin dan lain-lain .
Uang Tunai (Cash)
Sebaiknya dalam bentuk 1000 yen (untuk memudahkan transaksi) dan dalam bentuk uang koin 100 yen.
Barang lainnya:
Kacamata cadangan tersimpan dalam kotak yang tahan benturan.
Senter dan batere cadangan.
Handuk dan peralatan pribadi
Peralatan pertukangan sederhana seperti palu dan lain-lain
Obat-obatan pribadi dan alat P3K.
Gelas plastik, sendok dan pisau lipat.
Buku notes berisi nomor telefon dan alamat teman yang tinggal di wilayah sekitar anda.
Pakaian secukupnya.

1 comment:

Muh. Fadhil Kumawa Putra said...

saya mahasiswa dari IT TELKOM SURABAYA


Artikel yang menarik, bisa buat referensi ini .. terimakasih ya infonya :)